Rabu, 08 Desember 2010

tips modifikasi sepeda lipat : season 2

Halaah...season 2, kaya Cinta Fitri aja..

Menyambung bahasan kemaren, maaf bgt yah dipotong2 gini, soalnya kemaren dah ngantuk bgt sih. Klo kemaren kita bahas tentang bagaimana caranya mendongkrak popularitas dengan mengubah penampilan seli kita. Sekarang kita akan berlanjut ke tahap berikutnya.

Tahap 2 : Performa

Yak..betul sekali...performa..

Tahapan ini membutuhkan ilmu yg lebih mendalam tentang komponen sepeda, dan tentu nya merogoh kocek lebih dalam lagi, meskipun hanya sedikit komponen yg diganti. Pada dasarnya komponen sepeda lipat sama aja dengan sepeda genre lain, hanya saja perlu diperhatikan bahwa tidak semua seli available untuk dipasang komponen sepeda lain, karena berhubungan dengan postur kecil si seli yg kadang membatasi space untuk memasang komponen genre lain.

Tahap ini bertujuan mendongkrak kinerja dan memaksimalkan sepeda lipat kita agar mampu berjalan lebih enak, lancar, dan lebih kencang. Meski setiap komponen secara kasat mata terlihat sama, tetapi teknologi yg terkadung didalamnya yg membuat beda, hal ini hanya dapat diketahui perbedaannya saat kita mencoba nya. Ada harga Ada kualitas, istilah ini sangat berlaku sekali di dunia sepeda. Tidak hanya merk saja yg membuat mahal suatu barang, tapi teknologi pembuatannya yg berpengaruh pada performa sepeda.

Secara prinsip, bersepeda itu menggunakan tenaga manusia dalam menjalankannya, setiap komponen bergerak di sepeda berhubungan dengan daya gesek antar komponen, misalkan ban dengan aspal, crank dengan frame, hub dengan frame, pedal dengan crank. Nah disini lah kita kehilangan tenaga paling banyak, karena masing2 bekerja terlalu berat, karena gaya gesek nya terlalu besar. Disinilah proyek kita akan ditujukan, Bagaimana kita mengganti komponen2 ini dengan yg memiliki gaya gesek minimal.

Minimal, dengan modal cekak, dari sekian banyak komponen, kita bisa mendahulukan beberapa saja, diantaranya :

Crank
Crank adalah alat untuk kita mengayuh, meski fungsi nya sederhana sekali tapi crank menentukan sekali untuk  kelancaran kita menggowes. ada banyak variant mulai dari yg paling murah seharga puluhan ribu sampai ke jutaan rupiah. Perbedaannya terletak di bahan, klo yg murah berbahan besi, yg mahal berbahan karbon, kebanyakan yg pake memilih bahan alloy. bahan berpengaruh pada berat crank, semakin ringan semakin baik. 

Lalu teknologi nya, ada yg menganut hollowtech 1, 2...lalu perlu diperhatikan bottom bearing (BB) dr seli kita, apakah jenis kotak apa jenis yg lain. bahan BB yg bagus dr Ceramics, karena jauh lebih loncer dari sealed bearing sekalipun. jadi kebayang klo pake ceramics maka kita ga akan ngerasa ngegowes, ringan aja yg kerasanya. 

Jenis crank ada yang memiliki piringan 1 sampai 3 (MTB), tergantung mau mana yg akan kita pake, klo yg 3, bisa kita pakai yg paling kecil untuk jalanan nanjak, piringan tengah untuk jalanan datar, piringan paling gede untuk ngebut di turunan. klo niatnya mo ngebut di dalam kota yg mayoritas nya jalanan datar, dianjurkan untuk memakai yg gigi besar nya 52 atau 53. 

Rata2 seli klo dipake dalam kota cukup menggunakan 1 piringan atau 2 piringan. tergantung kebutuhan. tp dianjurkan memakai yg 2 piringan agar klo jalanan agak nanjak bisa memakai gigi yg kecilnya. Ratio yg dibutuhkan biasanya 52/39T atau 53/39T. itu artinya jumlah gigi di piringan gede 52. yg kecil 39. Klo mo pake yg 3 piringan jg ga haram kok, asalkan dilihat dulu apakah muat di crank nya ga? mentok ama frame ga?

Front Derraileurs

shimano sora jenis braze on
Atau disingkat FD. Fungsi nya adalah untuk memindahkan rantai dari piringan satu ke yg lainnya. Ada 2 jenis FD, ada yg jenis Clamp, ada jg yg jenis Braze On. ada beberapa seli yg dah dilengkapi "cantelan" di frame untuk menyimpan fd jenis braze on. Jarang sekali seli yg menyediakan fitur ini, untuk yg murah, seli FoldX punya cantelan ini. untuk yg menengah, seli downtube nova yg punya. Beruntunglah kalian yg memilikinya hehehe... 

Biasanya cantelan ini hanya untuk fd jenis balap, masalahnya harga komponen balap lebih mahal, meskipun cuma fd doank juga. tp jangan berkecil hati, untuk yg tipe clamp pun jatohnya mahal juga jadinya. kenapa?? karena untuk clamp nya sendiri harus beli lagi, buat dudukan fd nya, harganya paling murah 250 ribu. dah gitu belum tentu bisa pas ama rante nya karena bergeser sedikit aja bisa ga singkron ama rantai jadinya perpindahan nya bisa terhambat. Jadi jatohnya khan lebih mahal..jd mending yg model braze on...bisa dipilih dr yg paling murah tipe shimano sora ampe yg mahal shimano dura ace.

Shifter

shifter berguna untuk menggerakkan fd, letaknya di setang kanan dan kiri. pada seli standar, bawaan pabriknya hanya memberikan shifter kanan aja untuk menggerakan Rear Derraileurs (RD). klo udah masang fd maka mau ga mau harus memakai shifter kiri. klo shifter sih bisa pake yg murah jg banyak. mulai dr stipe shimano altus, acera, alivio, deore, slx, xt, xtr. Bahkan Sram mengeluarkan produk lucu nan canggih mulai dr X7 sampe X0.

Klo emang budget kurang, yaa beli yg murah jg dah cukup kok.

Sekian modifikasi pahe (paket hemat) yg bisa kita lakukan pada seli kita. Selepas modifikasi ini dijamin semua mata akan berpaling ke kita. dan yg pasti, sepeda kita akan lebih powerfull dan beautiful...sekali lagi, modiifikasi ini belum final, karena ini hanya mendahulukan komponen yg paling penting saja. Bukan berarti yg lain ga penting, tapi yg lain masih bisa nabung dulu, sembari kita menabung khan seli kita dah tampil gaya...bener ga??

Ayo modif
ayo bersepeda
lets ride with style

7 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh dicoba nih masukan... nice posting

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

gan kalo ane upgrade crank buat dahon eco 7. apa bisa untuk taroh fd...

hercit b+ mengatakan...

Rekomenin bengkel nya dong om.. Wilayah Jakarta.. Hehe

hercit b+ mengatakan...

Rekomenin bengkel nya dong om.. Wilayah Jakarta.. Hehe

Anonim mengatakan...

Fd sora 2speed 185rb, crank shimano tiagra 52/36 915rb, shifter tx30 95rb rante 50rb (merk united) + kabel2 & ongkos pasang di downtube nova habis 1,3jtan ( toko tepat jogja) semoga sedikit memberikan bayangan biaya upgrade kecil2an makasih.

aris mengatakan...

Berguna