Kamis, 16 Desember 2010

material frame seli

Material yang dipakai untuk sepeda lipat saat ini dapat dikelompokkan dalam :

1.Steel base materials (Hi-ten & Chromoly)

a. Hi-Tensile Steel

di sebut juga mild/medium carbon steel ; material ini hanya terdiri dari Iron 
(Fe) dan sedikit campuran Carbon (C)
AISI/SAE Steel membuat "numbering system" nya dengan 10xx dimana xx
adalah kandungan Carbon ; Yang populer dipakai pada folding bike misalnya
1020 - berarti mengandung 0,20% Carbon atau 1024 berarti mengandung 
0.24% Carbon
(+) Hi Ten kuat, harga ekonomis & bila terjadi kerusakan mudah diperbaiki
(-) Hi Ten berat & tidak tahan karat

Banyak sepeda lipat yang masih memakai Hi-Ten sepert
- Produk lokal : United (Stylo,Quest)
- Produk China : Yansun,Vapen,Songi etc.
- Dahon International : Eco 2 (2010)
- Dahon Domestic China Market : Dream

b.Chromoly

AISI/SAE membuat "numbering system" Chromium Molybdenum Steel dengan
41XX ; yang paling banyak dipakai pada industri sepeda adalah 4130;
disamping kandungan Carbon(C) 0,30% ditambhankan juga Chromium (1%)
Molybdenum(0.2%) & Manganese (0,8%),
Dengan penambahan material diatas Chromoly punya tensile strength yang
lebih kuat (97 000 lb/inch2) dari Hi-Ten steel (61 000 lb/inch2)
brompton
Karena jauh lebih kuat,frame bisa dibuat lebih tipis & akhirnya folding bike 
lebih ringan
(+)lebih kuat & lebih tahan korosi dari hi-ten
(-) lebih mahal dari hi-ten

Produk seli yang pakai Chromoly antara lain
- Bike Friday
- Brompton
- Dahon ,untuk seri 2010 di pakai pada Dahon Speed(Kecuali Speed Pro TT)
& Dahon Boardwalk
- Pada Dahon lawas diantaranya di pakai pada Dahon Mariner,Piccolo,
Impulse etc


2.Alunmium Alloy
Yang banyak dipakai adalah type 6061 & 7005

a.6061

Alloy 6061,disampin Aluminium(Al),mengandung 1% Magensium (Mg),0.7% Iron
(Fe) , 0.25% Zinc (Zn) & dalam jumlah kecil Si,Cu,Mn,Cr.
Pemakain pada seli sangat banyak,walau pada saat ini sebagian industri seli
sudah beralih ke 7005 yang lebih kuat,

(+) Ringan,lebih ekonomis (dibanding 7005)
(-) tidak sekuat 7005 apalagi steel

Diantara yang memakai 6061 sebagai frame :
- Polygon(metro,urbano)
- Wim Cycle (Pocket rocket)
- United (escape)
- ORi bike (UK-Taiwan,kecuali type Surpaz)
- Down Tube


b.7005

Paling populer saat ini , disamping Aluminium(Al) ada 4-5% Zinc(Zn), 1.5% 
Magnesium (Mg), 0.4% Iron (Fe) disamping sedikit Si,Cu,Mn,etc
punya tensile strength lebih kuat (51 000 lb/inch2) dibanding 6061 (45 000 b/
inch2)
Karena lbih kuat ,frame bisa di buat lebih tipis
7005 lebih mahal dari 6061 karena penambahan Zinc/Seng (Zn) yg mahal

birdy
Kelemahan Aluminium Alloy terutama bila terjadi retak/rusak lebih susah diperbaiki
Kelebihan Aluminium Alloy disamping lebih ringan (1/3 steel) juga lebih tahan korosif

pemakaian pada seli
-Dahon series 2010 (kecuali Boardwalk & Speed)
-Birdy & Frog
-Dahon Licensed Technology ; DLT X-1 & DLT X-2
-Element


Disamping steel & Aluminium alloy ada beberapa material alternatif yang lain :

- Carbon
Carbon adalah satu-satunya non-metallic material yang dipakai pada pembuatan
ori surpaz
frame seli ;Walau sangat kuat & ringan ,Pemakaian Carbon pada sepeda lipat masih sangat terbatas,karena disamping mahal , Ada kekuatiran tentang durability nya terutama untuk pemakaian touring/medan yg berat
Beberapa produsen yang membuat Carbon frame untuk seli diantaranya
Hasa : Minimax C1

ORi : Surpaz


- Titanium
Titanium ,logam ini sangat mahal & ringan tapi kuat
Sampai saat ini baru Hasa Minimax T1 yang pakai Ti-Frame

harganya konon bisa US$ 3000-4000
seri X dari Brompton konon beberapa komponen (tapi bukan frame) memakai
Titanium


-Magnesium
- Beratnya 1/3 lebih ringan dari Aluminium & 1/2 dari Titanium
- problem utama korosif & Sulit pengerjaan 
- Alloy ini yang populer AZ 61 yang disamping Magnesium(Mg) juga ada 6%
Aluminium(Al) dan 0.5% Zinc(Zn) disamping Mn etc
- ada sejumlah produsen di China (produsen Magnesium terbesar didunia)
yang konon sudah memakai Magnesium frame
- Prototype Dahon Mu XXV konon memakai Puro M7 Magnesium frame & membuat Prototype Dahon MU XXV sebagai 20" folding bike paling ringan, dengan berat 7.5 kg;
Tapi ketika membuat limited production edisi Mu XXV (200 unit) ada masalah teknis yang membuat Dahon Mu XXV kembali ke Aluminim 7005 dan berat naik jadi 8.1 kg

Official Statement dari Dahon-Duate U.S.A. di kutip sbb

Hi everybody,

It's correct, we've changed the material from the planned magnesium to aluminum. The final weight of the bike is 8.05 kg. Or 17.7 lbs.

The reason for the change is that despite a lot of work over the last year, we just couldn't get the consistent test results from the material that we need to have. We test samples from every batch of frames that we make and every batch of frames that we were producing was coming out with slightly different test results, which indicated to us problems with consistency of the raw material.

Naturally, we are disappointed that we've had to make this late change but it's better to lose a bit of face than to put a product out on the market that we are not completely confident about.

But I also have to say that although magesium sounds cool and is lighter, this bike has never been about building the lightest bike possible. It's about hand-crafting something that is special and one of a kind, and this bike, even with an aluminum frame, still hits the mark. Many of the components on this bike - are all specially built for us by our component partners to very special specifications: titanium wheel axles, custom leather Kore saddle, custom FSA crankset, ceramic hub bearings, etc.

Retail prices are set by our distributors so I don't know if the price will change at all. Naturally, if the bike was sold to a consumer and advertised with a magnesium frame, there should be a money back offer. But the reality is that there is incredible demand for this bike and almost all of our distributors have been on our backs to give them a greater allotment.

Thanks for your understanding


Tidak ada komentar: