Kamis, 11 Agustus 2011

Tips Night Rider (Niteride di Bulan Puasa)


Bersepeda merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan apalagi di lakukan bersama teman-teman satu club atau komunitas. Aktivitas berspeda akhir-akhir ini memang sedang menjamur di setiap sudut kota di seluruh tanah air. Bahkan di bulan puasa ini banyak orang yang tetap bersepeda, mereka tetap bersemangat mengkayuh sepeda sambil menjalankan ibadah puasa.

Yang tidak kalah menarik adalah acara Night Rider di malam bulan puasa. Night Rider adalah aktivitas bersepeda pada malam hari, biasanya dilakukan rame-rame dari satu titik start ke satu titik tujuan untuk finishnya. Night Rider sangat di gemari para pencinta sepeda, mereka biasanya melakukan NR (Night Rider) setelah shalat Tarawih, mereka berkumpul dan beramai-ramai naik sepeda menimakti indahnya malam hari. Nah bagi Anda yang suka dan punya keinginan untuk melakukan NR berikut ini saya punya tips jitu buat Anda biar acara NR lancar, menyenangkan dan aman:
  1. Cek fisik Anda apakah dalam keadaan sehat dan bugar untuk melakukan aktivitas bersepeda di malam hari.
  2. Pelajari rute yang ditawarkan, apakah Anda sanggup mengikutinya? Cari tahu kejelasan titik temu (kumpul) untuk awal start, dan titik finishnya.
  3. Cek sepeda Anda apakah sudah siap pakai atau perlu disetting ulang beberapa komponen seperti, rem, pemindah gigi, ban, rantai dlsb.
  4. Kenakan perlengkapan safety bersepeda, seperti helm, sarung tangan dan kacamata (pilih lensa warna kuning, karena lensa warna kuning membantu kita melihat lebih jelas objek di depan kita, menurut para ahli mata kita membutuhkan warna sedikit warna kuning saat melihat di malam hari, karena warna kuning punyai nilai CRI = Color Rendering Index yang sangat tinggi untuk di tangkap mata kita di malam hari)
  5. Lengkapi sepeda Anda dengan lampu khusus sepeda dengan model kedip-kedip di depan dan belakang, biar lebih menarik dan cantik Anda bisa memasang lampu kelap-kelip warna warni, di samping bisa membantu pengendara lain untuk lebih waspada dengan keberadaan sepeda Anda, sepeda Anda tentunya jadi kelihatan keren.
  6. Bawalah toolkits (kunci-kunci sepeda) untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah dengan sepeda Anda atau teman Anda, seandainya Anda tidak faham dan mengerti cara memperbaiki sepeda dengan membawa toolkits sendiri, niscaya teman Anda bisa membantu memperbaikinya.
  7. Bawalah ban dalam cadangan dan pompa tangan, hal ini sangat penting jika tiba-tiba terjadi ban pecah di malam hari Anda tidak perlu panik mencari tukang tambal ban, Anda bisa menggantinya sendiri atau minta bantuan teman yang sudah lebih mahir.
  8. Pilih pakaian/kaos yg berwarna terang dan memantulkan cahaya saat melakukan NR, pakaian terang lebih safty, karena bisa terlihat dari jauh saat di malam hari, jika di rasa perlu pakailah rompi (safety night) berwarna hijau muda dan bereflektor, jika kota di daerah Anda bersuhu dingin pakailah baju hangat/jaket.
  9. Pakailah sepatu model tertutup, agar kaki Anda lebih aman dan tentunya mengkayuh sepeda dengan memakai sepatu terasa lebih nyaman.
  10. Bawalah minuman agar Anda tidak sampai kehausan dan dehidrasi, bawa cemilan seperti coklat dan makanan manis, coklat dan makanan manis bisa cepat di serap tubuh saat kita membutuhan asupan energy extra saat bersepeda, sehingga Anda tidak mudah kelelahan.
  11. Sebelum mengikuti acara NR pastikan keluarga Anda mengetahui rencana Anda, jangan membuat  gelisah keluarga, pastikan dan yakinkan kepada keluarga acara NR aman dan menyenangkan.
  12. Jangan membawa barang-barang berharga dan perhiasan berlebih untuk menghindarkan Anda dari tindak kejahatan.
  13. Saat berangkat ke titik kumpul (TiKum) pastikan jalan yang Anda lalui aman, tidak rawan kejahatan. Dan saat acara NR selesai, terus Anda membubarkan diri dan hendak pulang ke rumah pastikan perjalanan Anda menuju rumah lewat jalur aman dan tidak rawan kejahatan.
  14. Sebelum dan sesudah NR, berdoa dan berucap syukur kepeda Tuhan YME atas segala berkah kesehatan, kebugaran, malam yg indah, teman-teman yang baik dlsb.


Demikian Tips sederhana semoga bermanfaat, selamat berpuasa dan selamat menikmati Night Rider.

Sumber foto : google.images.


Tidak ada komentar: